Pop

Wisata

Budaya

Wisata

Belanja

Kuliner






Bila jalan-jalan di pusat kota Solo tentunya tak akan lepas dari jalur utama Jalan Slamet Riyadi. Jalan yang menjadi pusat kesibukan wong solo. Jalan yang tak pernah sepi. Banyaknya lalu-lalang berbagai tipe dan merek kendaraan dari yang kuno hingga modern.

Tepat di salah satu titik di jalan slamet riyadi ,berdiri komplek stadion Sriwedari. Stadion yang telah menjadi saksi sejarah olahraga di Indonesia. Stadion ini juga pernah digunakan sebagai kandang dari PERSIS solo. Berdiri sejak 1933 pada masa pemerintahan Sri Susuhan Paku  Buwono X, Stadion Sriwedari masih berdiri kokoh hingga saat ini. Perawatan yang rutin serta dukungan pemerintah dalam pelestarian situs bersejarah.

Menengok sejarahnya, awal perencanaan stadion dipercayakan kepada Mr. Zeylman yang menghabiskan dana  30000 gulden kala itu, dan pelaksanaan pembangunan dilakukan oleh R. Ng. Tjondrodiprojo beserta 100 pekerja selama 8 bulan.

Di tahun 1948 Stadion Sriwedari menjadi penghelat pertama PON (pekan Olahraga Nasional) . Kemudian di tahun 1949, stadion Sriwedari digunakan sebagai tempat serah terima kekuasaan pemerintah pendudukan Belanda atas kota Surakarta kepada pemerintah Republik Indonesia. Di tahun 1982 dilakukan pemugaran pada stadion Sriwedari. Tujuan dari pemugaran tersebut adalah untuk memulihkan kembali stadion Sriwedari menjadi seperti semula. Menjadi sarana kegiatan olah raga yang lebih baik.

Kawasan







 Di Stadion Sriwedari memiliki 5 gerbang masuk utama, sebelum memasuki  stadion anda harus menuju ke tiketbox yang tersedia. Di sepanjang lorong menuju stadion utama akan terdapat galeri tentang sejarah stadion sriwedari. Di dalam stadion utama , terdapat fasilitas olahraga dan track lari.

Kapasitas yang dimiliki stadion sriwedari terbilang cukup besar yaitu 12.000 orang. 250 kursi duduk VIP tertutup, 1.125 tribun tertutup umum dan 11.000 tribun terbuka.

Letak

Terletak di pusat kota , di jalan utama Slamet riyadi tentu akan mudah menemukannya. Bersampingan dengan kantor walikota loji gadrung, Solo Grand Mall  serta 1 komplek dengan museum radya pustaka. Komplek stadion Sriwedari juga berdekatan dengan komplek stadion Manahan , kearah tenggara kurang lebih 1 km dari stadion manahan.


About Informasiwisata

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top