Pop

Wisata

Budaya

Wisata

Belanja

Kuliner




Taman Balekambang adalah taman bersejarah yang berada di Solo. Taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegoro VII tanggal 26 Oktober 1921. Taman ini adalah bukti kasih sayang beliau kepada kedua putrinya yaitu GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Kemudian diabadikan menjadi nama taman ini, Partini Tuin dan Partinah Bosch. Taman yang berdiri diatas tanah seluas 9,8 hektar ini dibangun dengan  memadukan konsep Jawa dan Eropa, menunjukkan cita rasa keindahan dan eksotis yang luar biasa.

Taman Balekambang diambil dari sebuah bangunan berupa bale atau gazebo berbentuk limasan yang berdiri di atas kolam, sehingga seolah-olah bale tersebut terapung di atas air kolam (kumambang). Yang kemudian disebut lah Bale-Kambang (Gazebo yang terapung).

Setelah tahun 2008, Taman balekambang yang memiliki fungsi sebagai paru-paru kota telah resmi dijadikan taman rekreasi, edukasi , budaya dan seni serta taman botani. Hampir setiap harinya taman ini selalui ramai dipenuhi pengujung baik untuk rekreasi, bersantai dan berolahraga ringan.

Kawasan Taman Balekambang


Di dalam kawasan taman terdiri dari 2 bagian yaitu Taman Partini tuin dan Taman Partinah Bosch. Taman Partini tuin merupakan jalur aliran air. Dan tepat di muaranya akan terdapat danau kecil yang biasa dijadikan tempat mancing dan bermain perahu air. Tepat disekitar danau juga ada beberapa monyet yang akan mengelilingi pengunjung demi mendapat sedikit cemilan. Selain monyet juga ada beberapa rusa , bebek dan ayam yang berkeliaran.


Bagian taman kedua yaitu Taman Partinah Bosch yang memiliki fungsi utama sebagai resapan dan paru-paru kota, dapat dilihat berbagai jenis pepohonan langka antara lain kenari, beringin putih, beringin sungsang,dan apel coklat. 





Selain itu didalam taman Balekambang juga terdapat tempat pementasan wayang, taman reptile, dan gedung ketoprak. Pementasan ketoprak/wayang diselenggarakan 1 minggu sekali.


Lokasi
Taman Balekambang terletak di desa Manahan, Banjarsari, Surakarta. Dengan Jalanan yang baik serta berdekatan dengan Stadion Manahan Solo. Apabila dari Stadion Manahan Solo ke arah utara tepat di jalan Ahmad Yani, Surakarta. Maka akan terlihat papan besar bertulis Taman Balekambang.

Jam Buka
Taman Balekambang beroperasi dari jam 08.00 – 17.00 untuk Senin – Jumat . Sedang Weekend beroperasi dari jam 08.00 – 21.00. Biaya yang dipungut untuk masuk taman ,gratis . Hanya akan dipungut biaya parkir motor/mobil bagi yang menggunakan.

About Informasiwisata

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top